Monday, July 18, 2016

Simulasi Membuat HTTP Server di Packet Tracer

Posted by with No comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini, kami akan sharing tentang bagaimana mensimulasikan Membuat HTTP Server di Packet Tracer. Baiklah, sebelum langsung memulai langkahnya-langkahnya mari kita awali dengan hal-hal berikut:

A. Pengertian

HTTP(Hypertext Transfer Protocol) adalah sebuah protokol aplikasi untuk mengirimkan, menggabungkan, sistem informasi hypermedia. HTTP adalah dasar komunikasi data untuk World Wide Web. Hyperteks teks terstruktur yg menggunakan hyperlink antar nodes yg berisi teks.

B. Latar Belakang

Disini nanti kita akan mencoba bagaimana caranya mensetting HTTP Server di Packet Tracer. Kami hanya akan menggunakan topologi yg sangat sederhana seperti ini yg terhubung menggunakan kabel cross.
 
Kalian bisa mengembangkan topologinya sesua cara kalian sendiri juga. Nha, pada topologi seperti itu disitu pada Server akan kami aktifkan HTTPnya dan Client akan bisa mengakses servicenya.

C. Alat dan Bahan

1. PC atau Laptop
2. Cisco Packet Tracer

D. Maksud dan Tujuan

Kami akan memberikan wawasan bagaimana konsep HTTP yg dikonfigurasi pada server bisa diakses pada PC client yg kita simulasikan pada Packet Tracer ini. Sehingga kalian bisa mengembangkannya sendiri terhadap topologinya maupun konfigurasinya .

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

  1. Buka Packet Tracer kalian dan langsung buat topologi seperti gambar diatas.
  2.  Lakukan konfigurasi IP terhadap PC0 dan Servernya.
  3. Disini kami menggunakan IP 192.168.254.3 untuk PC0nya dan IP 192.168.254.2 untuk servernya yg sama-sama memiliki subnetmask 255.255.255.0 . Kalian boleh menggunakan IP lainnya asalkan PC client dengan Server bisa saling terhubung.
  4. Lalu kita pindah ke konfigurasi Servernya. Pada tab Service, kalian pastikan bahwa service HTTP sudah on.
  5. Kemudian jika sudah, kita pindah ke PC0nya. Disini kita akan mencoba mengetes http yg telah terkonfigurasi di servernya di browser PC client. Pada tab Desktop kalian pilih web browser dan ketikkan di browser dengan http://[IP server] dan klik Go atau tekan Enter. Lalu lihat hasilnya.
  6. Jika berhasil, maka tampilannya akan seperti ini
  7. Selesai

F. Hasil dan Kesimpulan

Pada jaringan PC client dengan Server, PC client IPnya harus satu subnet dengan Server. Jika tidak seperti itu, maka PC client tidak akan terhubung dengan server. Lalu jika sudah terhubung, PC client dapat mengakses Service yg telah diberikan(terkonfigurasi) dari Server. Kemudian, kalian juga dapat mengganti atau mengedit file htmlnya yg ada di server sesuai keinginan kalian sendiri.

G. Referensi

Ebook Belajar Packet Tracer.

Semoga Bermanfaat :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment