Tuesday, July 19, 2016

Simulasi Membuat Server DNS Pada Jaringan di Packet Tracer

Posted by with 2 comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini, kami akan sharing tentang simulasi Membuat Server DNS Pada Jaringan di Packet Tracer. Baiklah, langsung saja menuju tahap pertama

A. Pengertian

DNS(Domain Name System) adalah sebuah sistem yg menyimpan informasi tentang nama host atau nama domain dalam bentuk basis data tersebar(distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan internet. Jadi intinya, DNS berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah IP menjadi nama domain atau sebaliknya.

B. Latar Belakang

Kemarin kita telah belajar bagaimana cara mengkases service HTTP yg telah disediakan oleh pihak server. Tetapi dalam mengkases tersebut, kita harus tau atau menghafalkan IPnya. Nha disini nanti, kita akan belajar bagaimana mengubah IP server menjadi nama domain untuk diakses seperti layaknya http.
Berikut topologi yg akan kita gunakan nanti:


C. Alat dan Bahan

1. PC atau Laptop
2. Packet Tracer

D. Maksud dan Tujuan

Kita bisa belajar konsep dari DNS, bagaimana selama ini kita bisa mengakses website-website yg ada di Internet tanpa harus mengetikkan IP dari website tersebut. Cukup mengetikkan domainnya, lalu kita bisa mengakses layanan dari website tersebut.

E. Tahap Pelaksanaan Kegiatan

  1. Langkah pertama, buat topologinya dulu. Terserah mau topologinya seperti apa yg penting intinya PC client bisa terhubung ke jaringan servernya.
  2. Silahkan tentukan IP server kalian dan IP PC client lalu jangan lupa pada PC client diberi gateway IP server yg telah kalian buat. Misalnya, disini kami menggunakan IP:
    IP Server0:192.168.254.1 netmask:255.255.255.0(Untuk HTTP)
    IP Server1:192.168.254.2 netmask:255.255.255.0(Untuk DNS)
    IP PC0:192.168.254.3 netmask:255.255.255.0 gateway:192.168.254.2(client)
  3. Kemudian pada server0, aktifkan service httpnya
  4. Lalu kita menuju server1. Pada tab services, di service DNS kalian aktifkan dan isi nama domain serta isi IP Address server yg telah diaktifkan HTTP tadi. Kemudian Add.
  5. Berikutnya buka PC0 dan pada tab Desktop kalian pilih Web Browser untuk mencoba apakah DNS sudah bisa atau belum.
  6. Setelah itu tulis nama domain yg kalian buat tadi di url dan jika berhasil maka tampilannya akan seperti ini
     
  7. Selesai

F. Hasil dan Kesimpulan

Jadi kita bisa mengubah IP menjadi nama domain jika HTTP  dan DNS diaktifkan. Jika kita cuma mengaktifkan DNS saja, maka tampilan web tidak akan keluar. Berarti, nama domain yg kita ketikkan tadi memanggil IP yg telah di isi tadi, lalu menemukan service HTTP. Sehingga, munculah tampilan HTTP yg telah diaktifkan

G. Referensi

Ebook Belajar Packet Tracer

Semoga Bermanfaat :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

2 comments:

  1. kenapaa kabel pc-switch berwarna merah terus? sudah ikuti turtor ini dan yang lainnya sama aja:(

    ReplyDelete