Friday, April 1, 2016

Suasana Pertama Kali Saat di BLC Telkom

Posted by with 1 comment
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Pada tanggal 1 April 2016, Saya bersama teman-teman sekolah baru mulai PKL atau Prakerind di BLC Telkom Klaten. Disana mulai pelajaran di jam 8 dan kami berangkat dari kost bersama teman-teman kost kami. Kesan Saya pertamakali masuk sebagai anggota BLC, saya gugup dan agak malu karena belum mengenal dan dikenal semua anggota BLC. Tapi setelah perkenalan saya sudah merasa percaya diri karena Saya sudah dikenal oleh semua anggota BLC.
    Pada hari pertama, kami harus bisa aktif sendiri. Awalnya saya tidak tau harus mau melakukan apa. Teman-teman BLC pada sibuk sendiri dengan pekerjaannya. Seperti mengkonfigurasi server, menginstal sebuah aplikasi di linux, mengkrimping kabel, membuat tutorial lalu diposting di blog mereka masing-masing, dan lain-lain. Seperti pada gambar yang ada di bawah ini:

 

Saya akhirnya mengambil laptop dan sekedar mencari-cari informasi atau mencoba sesuatu di Linux bersama teman-teman sekolah.
    Setelah memasuki jam 11.30, kami berempat beserta anggota BLC lainnya melaksanakan istirahat serta melaksakan sholat Jum'at di masjid terdekat, setelah itu kami makan siang. Di BLC memiliki jadwal seperti jadwal di perusahaan. Bekerja selama 8 jam dan istirahat selama 1 jam. Setelah selesai, kami kembali ke BLC dan melanjutkan pekerjaan kembali. Setelah beberapa waktu kemudian mbah Suro Dhemit atau mentor yang ada di BLC, berpidato atau mengajarkan dan penyampaian terkait pekerjaan atau project yang telah dilakukan oleh anggota BLC dan materi lainnya serta memberikan pengarahan kepada orang baru yang ada di BLC.


    Suasana yg tadinya hening dan pada sibuk sendiri, sekarang menjadi ramai karena sang mentor BLC mbah Suro Dhemit. Mbah Suro menyampaikan beberapa hal yaitu seperti kenapa Linux ada yang opne source dan kenapa Linux Red Hat bisa berbayar serta lain-lainnya tentang sistem operasi. 
    Setelah selesai, kami melanjutkan pekerjaan dan seperti inilah suasana di ruang BLC:




    Seperti itulah suasana yang ada di dalam ruang pelatihan di BLC Telkom.

Saya sangat senang bisa PKL atau Prakerind di BLC Telkom, karena orang-orangnya yg bisa diajak untuk bekerjasama dan ngobrol akrab seputar tentang komputer dan lain-lain. Hanya itulah yang dapat saya sampaikan hari ini. Sekian :)

1 comment: