Wednesday, June 22, 2016

Tutorial Walled Garden di Mikrotik

Posted by with No comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini, kami akan sharing tentang bagaimana caranya memasang Wall Garden di Mikrotik. Walled Garden adalah sebuah sistem yg memungkinkan user yg belum terautentifikasi menggunakan (Bypass!) beberapa resource jaringan tertentu tetapi tetap memerlukan autentifikasi jika ingin menggunakan resource yg lain. Jadi maksudnya misalnya ada wifi atau akses jaringan internet yg jika ingin mendapatkan akses internet harus terautentifikasi dulu atau harus login dulu. Tetapi kita bisa memberikan akses ke client untuk mengakses suatu website tanpa harus login dulu. Nha seperti itulah Walled Garden yg akan kita terapkan.
Sebelum memulai, pastikan persiapkan beberapa hal berikut:
  • Mikrotik yg sudah terkonfigurasi dasar sampai hotspot
  • Koneksi internet
  • PC atau laptop

  1. Langkah pertama, buka winbox dan login ke mikrotik kalian.
  2. Lalu pilih IP > Hotspot > Walled Garden
  3. Kemudian klik add dan tandai pada 'Allow' serta isi Dst. Host dengan website yg ingin dibypass atau walled garden.
  4. Lalu kita tambahkan IP Walled Garden di Walled Garden IP List

    IP Walled Garden hampir sama dengan Walled Garden tetapi mampu melakukan bypass terhadap resource yg lebih spesifik pada port dan protocol tertentu.
  5. Sekarang kalian coba, sebelum login pada hotspot kalian buka website yg kalian isi tadi. Apakah bisa terbuka tanpa login dulu atau belum. Jika masih ada yg bingung dengan konfigurasi yg kami sharing, silahkan berkomentar dan tanyakan apa yg masih bingung.
Web referensi:
mikrotik.co.id

Semoga Bermanfaat :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment