Thursday, April 14, 2016

Cloud Computing

Posted by with No comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.



    Cloud Computing dalam bahasa Inggris yg artinya komputasi awan merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan  berbasis internet ('awan').(sumber:wikipedia). Dinamakan awan atau cloud karena menggambarkan diagram jaringan komputer. Jadi teknik ini seseorang bisa menyimpan data-data mereka tanpa harus memerlukan harddisk yg berkapasitas besar untuk meyimpan data yg besar juga. Kita bisa menyimpannya di server lain yg menyediakan tempat penyimpanan atau cloud computing, lalu kita bisa mengambilnya sewaktu-waktu dan kapan saja dengan menggunakan jaringan internet.
    Seperti contohnya kita tidak punya lagi free space pada harddisk kita dan kita ingin menyimpan sebuah data yg cukup besar tapi sudah tidak muat di harddisk kita. Langsung saja kita gunakan sistem cloud computing itu. Tinggal mencari layanan web yg menyediakan cloud computing lalu kita upload di server web itu.
    Contoh lainnya juga pada saat kita main game online dan kita ingin menghapus/menguninstall sementara game itu karena suatu alasan tertentu, lalu bagaimana dengan data-data yg telah kita dapatkan di game itu jika kita akan menghapus game itu sendiri? Game online pasti sudah menyediakan layanan cloud computing untuk menyimpan data-data game kita. Jadi jika kita ingin menggunakan atau main lagi kita tidak harus mengulang dari awal. Cukup kita login dengan akun kita lalu data-data game kita akan masih tersimpan.

Berikut layanan yg diberikan oleh Cloud Computing:
  • Infrastructure as a Service (IaaS) 

    Infrastructure as a Service adalah layanan komputasi awan yang menyediakan infrastruktur IT berupa CPU, RAM, storage, bandwith dan konfigurasi lain. Komponen-komponen tersebut digunakan untuk membangun komputer virtual. Komputer virtual dapat diinstal sistem operasi dan aplikasi sesuai kebutuhan. Keuntungan layanan IaaS ini adalah tidak perlu membeli komputer fisik sehingga lebih menghemat biaya. Konfigurasi komputer virtual juga bisa diubah sesuai kebutuhan. Misalkan saat storage hampir penuh, storage bisa ditambah dengan segera. Perusahaan yang menyediakan IaaS adalah Amazon EC2, TelkomCloud dan BizNetCloud.

  • Platform as a Service (PaaS) 

    Platform as a Service adalah layanan yang menyediakan computing platform. Biasanya sudah terdapat sistem operasi, database, web server dan framework aplikasi agar dapat menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Perusahaan yang menyediakan layanan tersebutlah yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan computing platform ini. Keuntungan layanan PaaS ini bagi pengembang adalah mereka bisa fokus pada aplikasi yang mereka buat tanpa memikirkan tentang pemeliharaan dari computing platform. Contoh penyedia layanan PaaS adalah Amazon Web Service dan Windows Azure.

  • Software as a Service (SaaS) 

    Software as a Service adalah layanan komputasi awan dimana kita bisa langsung menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Penyedia layanan mengelola infrastruktur dan platform yang menjalankan aplikasi tersebut. Contoh layanan aplikasi email yaitu gmail, yahoo dan outlook sedangkan contoh aplikasi media sosial adalah twitter, facebook dan google+. Keuntungan dari layanan ini adalah pengguna tidak perlu membeli lisensi untuk mengakses aplikasi tersebut. Pengguna hanya membutuhkan perangkat klien komputasi awan yang terhubung ke internet. Ada juga aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan agar bisa mengakses aplikasi yaitu Office 365 dan Adobe Creative Cloud.

Semoga Bermanfaat :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment