Saturday, May 14, 2016

Belajar SOP dan K3LH

Posted by with No comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang SOP(Standard Operating Procedure) dan K3LH(Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup). Disini kita akan belajar SOP dulu,

Pengertian SOP
SOP adalah suatu set instruksi yg memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yg memiliki suatu prosedur pasti atau terstandarisasi, tanpa kehilangan keefektifannya.Setiap sistem manajemen yg baik pasti selalu di dasari oleh SOP.

Fungsi Dan Tujuan Standard Operating Procedure
Mendefenisikan semua konsep dan teknik yang penting serta persyaratan dibutuhkan, yang ada dalam setiap kegiatan yang dituangkan ke dalam suatu bentuk yang langsung dapat digunakan oleh karyawan dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari.
SOP yang dibuat harus menyertakan langkah kegiatan yang harus dijalankan oleh semua karyawan dengan cara yang sama. Oleh sebab itu, SOP dibuat dengan tujuan memberikan kemudahan dan menyamakan presepsi semua orang yang berkepentingan sehingga dapat lebih dipahami dan dimengerti.

Manfaat Standard Operating Procedure
  • Menjelaskan secara detail semua kegiatan dari proses yang dijalankan.
  • Standarisasi semua aktifitas yang dilakukan pihak yang bersangkutan.
  • Membantu untuk menyederhanakan semua syarat yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan. 
  • Dapat mengurangi waktu pelatihan karena kerangka kerja sudah distandarkan. 
  • Membantu menganalisa proses yang berlangsung dan memberikan feedback bagi pengembangan SOP. 
  • Dapat meningkatkan konsistensi pekerjaan karena sudah ada arah yang jelas. 
  • Dapat meningkatkan komunikasi antar pihak-pihak yang terkait, terutama pekerja dengan pihak manajemen. 
Bentuk Standard Operating Procedure
  1. Simple Step
    Bentuk SOP ini dipakai untuk prosedur rutin yang singkat dan tidak terlalu membutuhkan banyak keputusan.
  2. Hierarchical Step
    Bentuk ini dipakai untuk prosedur yang cukup panjang (lebih dari 10 langkah) tetapi tidak memerlukan banyak keputusan.Bentuk ini memudahkan orang yang sudah berpengalaman karena bagian dari masing-masing langkah dijelaskan secara terperinci. Sedangkan untuk orang baru, dapat memudahkan untuk mempelajari prosedur tersebut.
  3. Graphic Procedures
    Bentuk ini dipakai untuk prosedur yang cukup panjang (lebih dari 10 langkah) tetapi ini tidak memerlukan banyak keputusan, sama seperti Hierarchical Steps.Grafik dapat membantu menyederhanakan suatu proses dari bentuk yang panjang menjadi bentuk yang singkat. Gambar ataupun diagram juga dapat digunakan untuk mengilustrasikan apa yang menjadi tujuan dari suatu prosedur.
  4. Flowchart
    Flowchart merupakan grafik sederhana yang menjelaskan langkah-langkah prosedur dalam pembuatan suatu keputusan. Bentuk flowchart digunakan untuk prosedur yang memiliki banyak keputusan. Dalam pembuatan SOP bentuk flowchart ini diperlukan simbol-simbol yang dapat membantu menjelaskan setiap langkah. Berikut simbol-simbol yang di gunakan.

Pengertian K3LH

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. 3 juga melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen, dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja.
Kesehatan dan keselamatan kerja cukup penting bagi moral, legalitas, dan finansial. Semua organisasi memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa pekerja dan orang lain yang terlibat tetap berada dalam kondisi aman sepanjang waktu. Praktek K3 (keselamatan kesehatan kerja) meliputi pencegahan, pemberian sanksi, dan kompensasi, juga penyembuhan luka dan perawatan untuk pekerja dan menyediakan perawatan kesehatan dan cuti sakit. K3 terkait dengan ilmu kesehatan kerja, teknik keselamatan, teknik industri, kimia, fisika kesehatan, psikologi organisasi dan industri, ergonomika, dan psikologi kesehatan kerja.

Manfaat K3LH
Dengan program K3LH, pekerja dan perusahaan bisa menikmati manfaatnya. Perusahaan akan menjadi lebih bermutu dan sistematis untuk berkembang lebih cepat, dan pekerja menjadi lebih aman, lebih sehat dan nyaman. Jika kenyamanan dalam bekerja bisa terwujud, akan tercipta hubungan yang lebih harmonis antara para pekerja dan perusahaan tempat mereka bekerja sehingga menghasilkan produk yang maksimal sesuai misi perusahaan.

Ciri-ciri perusahaan yg Memperhatikan K3LH
  • Memberikan fasilitas seragam kerja dan sepatu keselamatan (safety shoes) dan mewajibkan seragam dan sepatu keselamatan tersebut untuk dipakai oleh semua pekerja yang terlibat dalam produksi, bengkel dan lapangan.
  • Memasang atribut K3LH seperti tulisan yang mengingatkan pekerja untuk selalu sadar akan keselamatan, kesehatan dan kebersihan di lingkungan perusahaan.

Jadi kenapa kita harus belajar seperti ini? Karena agar kita tahu bahwa sebuah pekerjaan yg akan kita lakukan suatu saat nanti, ada peraturan dan ada hal-hal yg perlu dipersiapkan dan dilakukan agar kita bisa mendapatkan suatu keadaan yg nyaman dan aman saat melakukan suatu pekerjaan, bahkan atau pekerjaan yg bersifat berbahaya.

Web referensi:
1. Wikipedia
2. SOP-JSA
3. K3LH
4. Worksafe

Semoga Bermanfaat :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment