Friday, May 13, 2016

Tutorial Membuat Portal Web di Localhost

Posted by with No comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan ilmu tentang langkah-langkah membuat portal di localhost. Portal Web adalah sebuah situs yg dibuat sedemikian rupa agar dapat melayani sesuai selera pengunjungnya.Kemampuan portal y lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yg dapat diakses menggunakan beragam perangkat misalnya, komputer atau PC, laptop, smartphone. Portal sekarang sudah berkembang dan sudah banyak jenisnya seperti portal web Pemerintah, portal web Daerah, portal web Perusahaan, portal web Komunis, dan lain-lain.

Hal-hal yg perlu dipersiapkan:
1. Pastikan PC kalian sudah terinstall lamp server
2. File portalnya. Kalian bisa download di internet sudah tersedia

  • Langkah pertama, kalian pindah dulu file portal ke dalam direktori html(Disini kalian dapat memindahnya datanya secara mudah dengan cara menggunakan nautilus, tetapi disini saya akan menejelaskannya lewat terminal). Caranya, pada terminal kita menuju ke direktori portalnya:
    #cd /home/mukti/Downloads


    Lalu kita ketikkan perintah:
    #mv portal /var/www/html/

  • Lalu kita cek apakah sudah masuk ke dalam direktori html atau belum

  • Jika sudah, berarti kita bisa mengeceknya di browser apakah portal webnya sudah bisa atau belum. Caranya, buka browser dan ketikan localhost/portal

  • Lho kok gak bisa? Atau tampilannya kok malah seperti itu? Mungkin sebagian dari kalian ada yg bisa dan ada yg tidak bisa membuka portalnya. Jika dari kalian yg belum bisa, kita bisa memperbaikinya dengan memberi hak akses pada folder portalnya. Caranya seperti pada gambar berikut:

  • Setelah itu, kita bisa merefresh urlnya dan apakah sudah bisa atau belum portalnya. Disini portal kami tampilannya seperti ini


  • Kalian juga bisa mengedit portalnya di index.html di dalam folder portal, jika ingin merubah dan memiliki tampilan portal web seperti yg kalian inginkan masing-masing.

Web referensi:
1. Wikipedia 
2. Google 
3. Website Inggris

Semoga Bermanfaat :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment