Tuesday, June 14, 2016

Tutorial Installasi PHPMixBill

Posted by with No comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini, kami akan sharing bagaimana cara menginstall PHPMixBill. PHPMixBill adalah sebuah aplikasi gartis seperti user manager atau disini bisa disebut sebagai CMS tetapi untuk router. Jadi nanti kita bisa memanage bandwidth sesuai jenisnya(Unlimited, Time Base, Quota), lalu membuat voucher dan lain-lain. PHPMixBill mudah di install dan di aplikasikan, serta memiliki tampilan yg menarik. Disini nanti kami akan menggunakan PHPMixBill versi 4.5. Sebenarnya sudah ada PHPMixBill versi 5.0, tetapi dikarenakan menurut kami masih ada bug atau errornya kita belajar ke versi sebelumnya saja dulu.
Sebelum memulai sebaiknya persiapkan hal-hal berikut ini:
  1. Langkah pertama, kita menuju ke folder hasil download PHPMixBill.zip(keadaan di terminal). Kita pindahkan file PHPMixBill.zip ke /var/www/html/
    #cp MixBill-v4.5.zip /var/www/html/
  2. Jika sudah, kita menuju direktori html
    #cd /var/www/html/
  3. Kemudian kita ektrak file .zip-nya
    #unzip MixBill-v4.5.zip
  4. Dikarenakan nama direktori hasil ekstrak agak rumit, kita rename direktorinya
    #mv PHP[Tab] billing
  5. Lalu kita beri hak akses pada direktori billing
    #chown -R www-data:www-data billing
  6. Setelah itu, kita install lewat browser. Ketikkan localhost/billing/upload/install.php
  7. Jika sudah setuju, lalu lanjutkan
  8. Jika file berhasil, lalu lanjutkan lagi
  9. Lalu pada gambar berikut, di server/host kita isi localhost. Lalu jika belum punya database untuk PHPMixBill, kalian buat databasenya dulu lewat phpmyadmin. Lalu jika sudah kalian isi nama databasenya serta username database dan password database kalian.
  10. Kemudian, jika sudah dilanjutkan dan database sudah berhasil di konfigurasi, setelah itu kalian isi username dan password untuk login sebagai admin di PHPMixBill nanti.
  11. Kemudian jika sudah membuat akun login admin, selanjutnya kita masukkan IP Mikrotik, user dan password login Mikrotik. Karena disini kami tidak memakai password di login Mikrotiknya maka kami kosongi di kolom password
  12. Kemudian jika semua konfigurasi sudah berhasil, maka kita bisa masuk sebagai admin. Ada dua alamat url untuk sebagai login admin dan client. localhost/billing/upload/cpadmin(admin), localhost/billing/upload(client).

  13. Jika ingin login sebagai admin, kalian tinggal masukkan username dan password yg kalian buat tadi. Sedangkan kalau sebagai client, kalian tinggal buat atau mendaftar disitu.
Sekarang kalian bisa memanajemen Mikrotik kalian menggunakan PHPMixBill. Kalian bisa memanejemen bandwidt, membuat paket internet Unlimited, membuat PPoE client dan lain-lain sesuai layanannya. Untuk konfigurasinya, akan kami share di post berikutnya
Web referensi:
Semoga Bermanfaat :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment