Tuesday, June 14, 2016

Tutorial Konfigurasi Web Proxy

Posted by with No comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini, kami akan sharing tentang bagaimana cara mengaktifkan web proxy pada Mikrotik. Proxy adalah suatu aplikasi yg menjadi perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server-server di internet. Nha di Mikrotik ini, ada sebuah layanan yaitu web proxy yg akan kita praktekan bagaimana cara mengkonfigurasi dan cara kerjanya web proxy tersebut.
Sebelum, ke tutorialnya. Persiapkan beberapa hal berikut:
  • Mikrotik yg sudah terkonfigurasi dasarnya, kalau belum silahkan klik link berikut
  • PC atau laptop
  • Internet
  1. Langkah pertama, login ke Mikrotik yg kalian gunakan menggunakan winbox
  2. Setelah itu pilih IP > Web Proxy
  3. Kemudian pada tab General, isi seperti pada gambar berikut
  4. Kemudian jika sudah, jangan di close dulu. Kita masuk pada 'Access' dan isi seperti pada gambar berikut

    NB:Pada 'Dst. Host' isi sesuai situs yg ingin kalian tuju untuk proxynya. Lalu pada Redirect To isi situs yg ingin kalian alihkan
  5. Setelah itu Apply dan Ok. Lalu kita menuju ke Firewall > NAT. Kemudian klik tanda '+' atau add. Setelah itu isi seperti pada gambar
  6. Kemudian pada tab 'Action' lalu pada Action pilih redirect dan pada port isi 8080
  7. Setelah itu, coba di url browser kalian ketikkan web yg kalian isi Dst. Host tadi dan kalian lihat apakah saat kalian coba membuka situsnya malah ke redirect situs yg kalian isi tadi di Redirectnya. Jika belum coba teliti lagi dengan konfigurasinya dan jika sudah berhasil, selamat untuk kalian yg berhasil.
Nha, disini kita bisa melihat bagaimana cara kerja web proxy atau proxy itu. Dalam cara kerja proxy secara back endnya, sebenarnya ketika kita membuka situs, maka browser akan mengirimkan HTTP request ke server, tetapi karena kita menggunakan web proxy, maka proxy akan menerima HTTP request dari browser tersebut kemudian membuat HTTP request baru atas dirinya(proxy). HTTP request baru inilah yg diterima oleh server dan server membalas dengan HTTP Response lalu diterima oleh proxy lalu diteruskan ke browser kita yg telah melakukan request tadi. Seperti itulah tugas proxy terhadap kita atau user.
Web referensi:
Semoga Bermanfaat :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment